ODOS 2024: One Day, One Spirit!

“One Day One Spirit” adalah kegiatan satu hari bersama misdinar se-Dekanat Timur yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Juni 2024 yang bertempat di Paroki Keluarga Kudus Cibinong. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa romo, yaitu RD. Paulus Pera Arif Sugandi dari Paroki Hati Kudus Yesus Jonggol, RD. Robertus Eeng Gunawan dari Paroki Keluarga Kudus Cibinong, RD. Bonifasius Heribertus Beke dari Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Kota Wisata, RD. Marselinus Wisnu Wardhana sebagai Sekjen (Sekretaris Jendral) Keuskupan Bogor, dan RD. Aloysius Tri Harjono sebagai romo dekan Dekanat Timur.

Kegiatan diawali dengan registrasi, doa pembuka, dan sambutan dari Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM. Dalam sambutannya, Mgr. Paskalis Bruno Syukur mengatakan bahwa generasi muda Katolik, khususnya para misdinar, harus hidup menyanyikan iman kita sebagai remaja Katolik yang bersukacita dan bergembira. Beriman “tidak sama” ketika kita memahaminya dengan akal budi. Dalam science dan agama, ada beberapa hal yang tidak kita mengerti, tetapi kita memiliki iman dan kepercayaan bahwa Allah menjadi manusia untuk orang Katolik. Selanjutnya, RD. Marselinus Wahyu Dwi Harjanto selaku Pastor Paroki Keluarga Kudus dan Stefanus selaku perwakilan dari misdinar juga memberikan kata sambutan.

Acara dilanjutkan dengan ice breaking, foto bersama, serta games. Games dibentuk menjadi 35 kelompok yang berisi para misdinar yang kemudian dibagi ke dalam setiap pos. Terdapat tujuh pos yang berisi 5 kelompok di setiap posnya. Setiap pos berisi berbagai games, mulai dari puzzle liturgi, menara sultan, menara cup, blind square, rode knode, dan komunitas kata. Di pos ke-5, kita diajak untuk sharing bersama mengenai cerita dalam misdinar di paroki masing-masing, seperti hal lucu yang terjadi ketiga bertugas misdinar. Games tersebut menghadirkan kegembiraan dan kekompakan di antara kami.

Setelah games bersama, kami tiba di puncak kegiatan ini, yaitu pertunjukan pentas seni dari masing-masing paroki yang telah dipersiapkan selama 1 bulan. Penampilan dimulai dari Misdinar PKKC yang menampilkan modern dance, Misdinar St. Andreas menampilkan band, Misdinar St. Vincentius A Paulo menampilkan paduan suara, Misdinar HKY Jonggol menampilan tarian daerah, Misdinar GKR Hambalang menampilkan modern dance, dan Misdinar MBSB menampilkan akustik. Penampilan tersebut semakin meramaikan suasana dalam kegiatan kami. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama. Video singkat seputar keseruan dan kegiatan misdinar dari setiap paroki yang diputar sembari kami menikmati makan siang melengkapi suasana acar ODOS 2024 ini.

Kegiatan diakhiri dengan perayaan ekaristi bersama di Gereja PKKC. Homili dibawakan oleh RD. Aloysius Tri Harjono. Dalam homilinya, RD. Aloysius Tri Harjono mengajak para misdinar untuk mencintai dan merawat keimanan kita sebagai orang Katolik dan sebagai warga NKRI. Dengan kita menjadi seorang Katolik, bangga sebagai misdinar, dan mencintai tanah air, kita tidak perlu merasa khawatir. Kita juga dapat mengurangi kekhawatiran orang tua karena kita memiliki iman yang kokoh dan kuat karena Tuhan mencintai kita.

Kegiatan satu hari bersama misdinar ini menjadi momentum yang tepat, khususnya untuk para anggota Misdinar se-Dekanat Timur, untuk saling berinteraksi, mengenal satu sama lain, dan menumbuhkan semangat dalam pelayanan.

(Artikel by Agnes Novila Rinjani, Misdinar Paroki St. Vincentius a Paulo)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *