100 Tahun WKRI: Pembentukan Cabang St. Vincentius a Paulo

WKRI merupakan sebuah organisasi wanita Katolik yang sudah tua dan sampai saat ini berkiprah melayani dengan caranya demi kepentingan masyarakat dan gereja.

WKRI didirikan di Yogyakarta pada 26 Juni 1924 dengan visi Organisasi yang mandiri, bersifat sosial aktif, memiliki kekuatan moral, dan kemampuan yang handal dalam menjalankan karya-karya pengabdian mewujudkan kesejahteraan bersama serta menegakkan harkat dan martabat manusia. Pada tahun 2024, WKRI telah genap berusia 100 tahun keberadaannya di Indonesia, begitu pula dengan Paroki St. Vincentius a Paulo di tahun ini genap 2 tahun melayani umat di Gunung Putri dan sekitarnya. Pada kesempatan yang baik ini dan momen yg bersejarah untuk 1 abad WKRI, sudah selayaknya WKRI St. Vincentius a Paulo mulai bersiap menjadi Cabang WKRI yang baru di Keuskupan Sufragan Bogor, yang tadinya ranting St. Vincentius a Paulo dan Maria Ratu Pecinta Damai (MRPD) masih menjadi ranting dan menginduk ke Cabang Paroki Keluarga Kudus Cibinong. Adapun persiapan yang harus dilakukan untuk menjadi Calon Cabang WKRI (DPC) yang tadinya adalah Ranting.

Pada hari Sabtu 11 Mei 2024, WKRI ranting St. Vincentius a Paulo mengadakan pertemuan yang bertempat di ruang tenda gereja St. Vincentius a Paulo, dihadiri oleh Ibu Yudarini, Ibu Vero, Ibu Lusi dari DPD keuskupan Bogor dan dari DPC induk Paroki Keluarga Kudus Cibinong yang dihadiri oleh Ibu Anna Joen, ibu Agustina Ririn dan ibu Makrisna, serta dari ranting Maria Ratu Pecinta Damai (MRPD) dan Ranting St. Vincentius a Paulo. Strategi dan sistematika pembentukan harus melalui kaidah-kaidah AD/ART organisasi seperti Mengajukan surat permohonan ke Cabang Induk PKKC untuk menjadi Cabang baru St. Vincentius a Paulo dan pembentukan Dewan Formatur yang beranggotakan dari DPD dan DPC induk. Pemenuhan syarat lain dalam AD/ART WKRI adalah minimal ada 2 Ranting yg masing-masing beranggotakan 15 orang telah menjadi anggota dan aktif selama ini, adanya data Anggota lengkap untuk membuat Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Nomor Pokok Anggota (NPA). Lalu membuat Konfercab untuk mengangkat dan melantik Pengurus baru Dewan Perwakilan Cabang (DPC). Rencana pelantikan pengurus DPC St. Vincentius a Paulo yang baru akan dilaksanakan pada bulan September 2024.

Semoga niat baik kita selalu di lindungi Tuhan Yesus dan calon pengurus baru WKRI Cabang St. Vincentius a Paulo selalu didoakan oleh Santa Anna, pelindung WKRI dan WKRI semakin jaya demi Kerajaan Allah. Amin

Artikel by: Wenifrida Beding

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *