Kristus Sang Cahaya Dunia. Alpha dan Omega

Vigili Paskah atau biasa disebut malam paskah adalah perayaan untuk menyambut kebangkitan Kristus dari kematian. Pada perayaan ini pula, lilin paskah akan dinyalakan dan perarakan akan dilakukan menggunakan lilin paskah yang telah diberkati. Cahaya pada lilin paskah merujuk pada kebangkitan Kristus yang hadir sebagai terang dunia.

Lilin paskah ini juga memiliki beberapa simbol yang maknanya pun beragam, yakni api yang menyala melambangkan Kristus sebagai terang dunia, cahaya lilin melambangkan kebangkitan dan kemenangan kristus atas maut, salib melambangkan pengorbanan Kristus yang menyelamatkan dunia, empat biji dupa yang melambangkan luka di tubuh Yesus, tahun yang artinya Tuhan hadir sepanjang waktu, serta simbol huruf A dan Ω yang memiliki arti Alpha dan Omega (awal dan akhir).

Perayaan Ekaristi Malam Paskah di Paroki St. Vincentius a Paulo Gunung putri tahun ini dirayakan pada Sabtu (30/03). Perayaan Ekaristis dipimpin oleh RD. Lukas Wiganggo. Dalam homilinya Romo Lukas menyampaikan bahwa malam ini kita patut bersukacita karena malam ini sangat berarti bagi keimanan kita pada Kristus. Kita percaya bahwa kita telah dibangkitkan dan diselamatkan dari kekuasaan dosa, kita telah dibebaskan.

Pada perayaan ini kita menggaungkan dan memuji Tuhan lewat nyanyian “Kristus Cahaya Dunia”. Pada saat prosesi penyalaan lilin itu juga merupakan sebagai suatu tanda Kristus hadir dalam kehidupan kita untuk menerangi kehidupan kita, oleh karena itu kita harus siap untuk saling menerangi kehidupan sesama.

Kematian adalah hal yang menakutkan bagi kita umat manusia, tetapi itu bukan akhir dari semuanya melainkan awal kehidupan. Hal ini telah ditunjukkan oleh Kristus lewat kematianNya di kayu salib dan bangkit supaya kita tidak meragukan bahwa karya keselamatan Allah melalui Tuhan kita Yesus Kristus sungguh benar.

Yesus telah membuktikan bahwa kematian bukan lah suatu hal yang harus di khawatirkan. Setelah kematian akan ada kehidupan kekal. Misteri keselamatan yang sangat nyata dan kita imani pada Kristus menjadi modal kita sebagai murid Yesus yang ditugaskan mewartakan sukacita. Melalui Cahaya Kristus kita dapat menjadi terang bagi orang-orang disekitar kita.

Selamat Hari Raya Paskah! Seperti cahaya api yang terus menyala, semoga kebangkitan Kristus menjadi sumber kehidupan yang abadi bagi umat manusia.

(Artikel dan foto by KOMSOS Vincentius – Tian, Yoga, Jein)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *