Perayaan Minggu Palma : umat sangat antusias dalam mengikuti Misa

Minggu Palma diperingati sebagai pembukaan sebelum memasuki pekan suci di mana Yesus Kristus disambut dengan meriah di Yerusalem sebagai raja. Perayaan ekaristi Minggu Palma dirayakan oleh seluruh umat Katolik pada hari Minggu, 24 Maret 2024. Para umat berdatangan ke gereja dengan membawa daun palma yang disimbolkan sebagai lambang kemenangan Yesus Kristus. Daun palma juga diberkati oleh Romo menggunakan wirug dan dupa serta diperciki dengan air suci.

Sabtu Palma
Minggu Palma

Di Paroki St. Vincentius a Paulo, perayaan ekaristi diadakan dua kali yaitu pada hari Sabtu, 23 Maret 2024 pukul 18.00 dan Minggu, 24 Maret 2024 pukul 08.00 WIB. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh RD. Alexander Ardhiyoga. Perayaan Minggu Palma ini tidak jauh berbeda dengan perayaan Sabtu Palma. Ketika perarakan masuk, para umat melambai-lambaikan daun palma ke atas sambil menyanyikan lagu “Yerusalem, Lihatlah Raja-Mu!” sambil mendengarkan kisah sengsara Yesus. Umat sangat antusias dalam mengikuti Perayaan Ekaristi.

Puncak dari perayaan Ekaristi Minggu Palma adalah kita semua dapat mencontoh Tuhan Yesus yang tekun dan tetap setia dalam memikul salib kita. Walaupun dihina dan disiksa, Tuhan tidak pernah berhenti dan tetap melanjutkan karya penebusannya bagi kita, umat manusia.

( Artikel dan Foto by Komsos Vincentius A Paulo)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *