Pelantikan Pelayan Luar Biasa (PLB)

Pada minggu, 10 Maret 2024 dilaksanakannya pelantikan Pelayan Luar Biasa (PLB) yang juga bertepatan dengan hari Minggu Laetare, dalam Minggu Laetare ini, kita bersukacita karena sudah setengah jalan menjalani Masa Prapaskah atau masa puasa dan pantang. Perayaan ekaristi ini dipimpin oleh Mgr. Paskalis Bruno Syukur didampingi RD Alexander Ardhiyoga dan Diakon Georgius Karvin, CS (Ordo Scalabrinian). PLB atau dalam bahasa latinnya Minister Extraordinarius adalah seorang awam yang mendapatkan delegasi dari ordinaris wilayah gereja lokal untuk membagikan komuni (Tubuh Kristus) dan sekaligus menjadi pelayan Liturgi.


18 orang PLB yang dilantik pada hari ini sebelumnya telah mengikuti pembekalan pada hari Minggu, 25 Februari 2024 di Paroki St. Vincentius A Paulo, Gunung Putri. Pelantikan PLB ini bertujuan untuk membantu tugas–tugas Romo Paroki dalam memberikan pelayanan kepada umat yang ada di Paroki Vincentius a Paulo Gunung Putri, seperti pada saat pelayanan misa dan juga pemberian hosti ke umat dan juga memiliki tugas tambahan seperti memberikan hosti kudus kepada orang yang sedang dirawat dan memimpin ibadat pemakaman.


Dalam pengantarnya Bapa Uskup menyampaikan bahwa Minggu laetare atau Minggu bersuka cita dan Minggu bergembira, dimana kita menyadari bahwa Tuhan Yesus yang kita imani adalah gembala yang baik yang siap menyelamatkan kita. “Dosa sinodal itu bukan dosa mencuri bukan juga bukan soal dosa berzinah tetapi dosa sinodal yang sesungguhnya itu adalah dosa yang membenci sesama kita” ungkap Monsinyur dalam homilinya.

Misa pelantikan diadakan dengan hikmat. Pada saat pelantikan para PLB membacakan janji dan kesanggupan untuk menjadi Pelayan Altar, setelah itu Bapa Uskup memberikan percikan air suci tanda bahwa para calon PLB sudah diberkati dan disahkan menjadi Pelayan Luar Biasa.

Selamat Melayani, Tuhan Yesus Memberkati.

Homili Bapa Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur saat Misa Hari Minggu Prapaskah IV / Minggu Laetare (Komsos)

(Artikel by Bryan, foto by Tian, Dinan, Bryan)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *