Pembekalan Perdana PLB: Panggilan Melayani dalam Perayaan Ekaristi

Aku datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani(bdk. Matius 20:28)

Pada hari Minggu tanggal 25 Febuari 2024 telah melaksanakan pembekalan PLB (Pelayan  Luar Biasa ) atau dalam bahasa latin disebut (minister extraordinarius). Pembekalan tersebut dilaksanakan secara sederhana di dalam gereja, pada pukul  17.00 WIB, walaupun dilaksanakan secara sederhana tetapi ini adalah momen yang penuh makna bagi paroki  kita tercinta. Hal ini merupakan momen bersejarah bagi paroki kita sebab pembekalan PLB kali ini adalah pembekalan perdana. Sebanyak 18 calon anggota PLB yang turut serta dalam pembekalan ini didampangi RD. Alexander Ardhiyoga selaku romo Paroki St Vincentius a Paulo Gunung Putri dan RD. Aloysius Tri Harjono sebagai narasumber.

Dalam pembekalan tersebut, para calon PLB mendapatkan banyak hal baik yang bersifat pengetahuan maupun iman dalam kata pembuka pembekalan RD. Aloysius Tri Harjono  menyampaikan pesan bahwa “Ekaristi adalah sumber dan puncak seluruh kehidupan Kristiani “. Para calon PLB, sangat antusias menyimak dan memperhatikan dengan seksama materi yang disampaikan oleh narasumber. Pembekalan ini berjalan dengan lancar. Sekitar pukul 18.10 WIB dilanjutkan dengan sesi  tanya jawab, banyak pertanyaan dari para calon PLB yang pada intinya adalah tata cara liturgis dan persiapan batin yang pantas.

Pada sesi akhir, Romo yoga dan Romo Tri memberikan peneguhan dan pemantapan kepada calon PLB, sehingga calon PLB sudah siap menjadi seorang pelayan yang berarti menjadi seorang awam yang mendapatkan delegasi dari ordinaris wilayah gereja lokal, tidak lebih tinggi dari umat awam pada umumnya. “ Aku datang bukan untuk memanggil orang benar melainkan orang berdosa” (bdk. Markus 2:12). Maka, berbahagialah untuk bapak-bapak yang terpilih menjadi calon PLB di Paroki yang terkasih ini, walaupun kita umat berdosa tetapi kita masih diperkenankan untuk terlibat melayani Komuni Suci (Tubuh Kristus) dalam perayaan Ekaristi.

Selamat Melayani. Tuhan Yesus Memberkati

(Artikel by Pak Tarsisius sarwoko & foto by Komsos Vincentius)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *