Sakramen Pembaptisan : Penyatuan Diri dengan Yesus Kristus

Pada hari Minggu, 11 Februari 2024 pukul 08.00 WIB telah dilaksanakan penerimaan Sakramen Baptis untuk para bayi dan anak – anak, dimana para orang tua dipersilahkan untuk maju ke depan altar dan membawa anak-anak mereka supaya diperciki air baptis. Penerimaan Sakramen baptis ini juga dipimpin oleh Romo Alexander Ardhiyoga.

Sakramen baptis merupakan pangkal kehidupan kristiani melaluinya seseorang dipersatukan dengan wafat dan kebangkitan Yesus Kristus untuk didamaikan dan diterima allah. Sakramen baptis adalah sakramen inisiasi pertama dan pintu masuk ke dalam hidup rahmat
Rekoleksi baptis dilaksanakan pada Sabtu,10 Februari 2024, setelah selesai rekoleksi dilanjutkan dengan gladi resik dan pengakuan dosa.

Baptisan dikenal dengan inisiasi kristen yang melambangkan pembersihan dosa dan memasuki hidup yang baru yang berarti membangun sikap dan semangat pertobatan, meninggalkan cara hidup lama dan mengenakan baru. Baptis bayi atau anak-anak adalah baptisan yang diberikan kepada yang belum berusia genap 7 tahun atau yang belum berusia 7 tahun. Dalam hal ini yang diberi pelajaran adalah orang tua dan wali baptis mengenai makna sakramen baptis dan hak serta kewajiban yang melekat pada baptisan. Orang tua juga dianjurkan untuk mengaku dosa sebelum pembaptisan anaknya. Dengan membaptiskan anak-anaknya, maka dengan pembaptisan bayi pun mereka mengharapkan agar anak-anaknya diberkati, orang tua sungguh menghidupi panggilannya sebagaimana telah mereka nyatakan dalam janji perkawinan, yaitu mendidik anak secara katolik. Materia yang dipakai sebagai sarana sebagai tanda memiliki makna yaitu :
Air : dengan air baptisan, diharapkan para bayi dibersihkan dari dosa dan diberi kehidupan baru
Minyak Krisma : dengan minyak krisma baptisan diserupakan dengan kristus yang diurapi roh kudus.
Kain Putih : dengan kain putih ini merupakan tanda ciptaan baru yang mengenakan Kristus.
Lilin : merupakan lambang Kristus cahaya dunia dan iman yang berkobar menjadi terang dunia.

Semoga melalui baptis bayi, kita dapat mengantar mereka untuk datang kepada yesus kristus untuk menyucikannya dari dosa asal dan memateraikannya dengan rahmat keselamatan allah.

Artikel dan foto by Komsos Vincentius – Dinan & Putri

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *