Vigili Natal: Cahaya Abadi Sungguh Telah Hadir

Vigili adalah kata yang merujuk kepada tradisi berjaga-jaga pada malam sebelum sebuah perayaan besar. Mengikuti vigili natal (misa malam natal), berarti kita ikut berjaga-jaga, bersiap diri menyambut kedatangan Sang Mesias.

Perayaan vigili natal (malam natal) pada tahun ini jatuh pada minggu (24/12) dimana pada minggu pagi umat masih merayakan minggu advent ke-4. Sukacita natal terpancar di Paroki St. Vincentius a Paulo, hal itu nampak dalam antusias umat yang memenuhi bagian dalam dan luar gereja.

Perayaan misa vigili natal kali ini dipimpin oleh RD. Gregorius Agus Edi Cahyono, dalam kotbahnya RD. Gregorius menyampaikan pesan bahwa semangat dan sukacita natal harus dibangun sejak dini kepada anak-anak dalam keluarga. Dimana keluarga merupakan fondasi yang harus diperteguh karena hal ini pula nantinya anak-anak akan memiliki ingatan dan kenangan yang baik dengan perayaan natal dan perayaan natal akan memiliki makna yang sangat berarti.

Natal menjadi perayaan yang ditunggu oleh setiap umat kristiani karena ini adalah momen kelahiran Sang Mesias. Melalui perayaan natal diharapkan menjadi titik awal hidup baru umat kristiani dalam mengimani Kristus karena Sang Cahaya Yang Abadi sungguh telah lahir ke dunia.

Selamat menyongsong Natal bagi kita semua.

(Artikel dan Foto by KOMSOS PSVGP – Jein, Tian, Aji, dan Dinan)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *