Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

Pesta Corpus Christi berarti: “Tubuh Kristus”, atau dikenal secara resmi dalam Gereja Katholik sebagai Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus dalam bahasa inggris Solemnity of the Most Holy Body and Blood of Christ, adalah sebuah hari raya yang diakui oleh Gereja Katholik.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tujuannya adalah untuk menghormati Ekaristi. Melalui Ekaristi, kita mengambil bagian dari Tubuh dan Darah Yesus Kristus (Komuni Suci) serta turut dalam pengorbanan diri-Nya. Tubuh dan Darah Kristus diwujudkan dalam bentuk hosti dan anggur. Hanya Uskup atau Imam yang dapat menjadi pelayan Sakramen Ekaristi, dengan bertindak selaku pribadi Kristus sendiri (in persona Christi).

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Hari raya Tubuh dan Darah Kristus identik dengan adanya penerimaan komuni pertama di setiap paroki. Komuni Pertama adalah istilah untuk penerimaan komuni (roti dan anggur yang telah dikonsekrasi) pertama kalinya oleh seseorang yang telah dibaptis secara katholik.

Begitu juga dengan Paroki St. Vincentius a Paulo Gunung Putri yang pada Minggu, 11 Juni  2023 telah melaksanakan penerimaan komuni pertama bagi calon penerima Sakramen Ekaristi (komuni pertama) yang diberikan oleh RD. Alexander Ardhiyoga.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Penerimaan komuni pertama adalah awal bagi mereka untuk terlibat aktif dalam kegiatan gereja. Semoga dengan penerimaan komuni pertama ini mereka yang telah menerima Tubuh dan Darah Kristus semakin dewasa dalam iman serta mengetahui aturan-aturan dan ajaran Gereja Katholik.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *