Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-57

“Komunikasi sosial adalah proses pertukaran pesan antara individu-individu atau kelompok yang terkait melalui simbol-simbol yang dapat diartikan oleh orang lain, yang memungkinkan individu atau kelompok untuk mempengaruhi satu sama lain dan membangun hubungan sosial.” (Dainton dan Zelley, 2017).

Komunikasi sosial sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena digunakan untuk berkomunikasi, memahami, dan bekerja sama dengan orang lain. Selain itu, dengan berkomunikasi, kita dapat memahami dan mempengaruhi tingkah laku orang lain dan membantu kita untuk mengembangkan serta memelihara hubungan sosial. Hari Minggu, 21 Mei 2023, seluruh gereja merayakan Hari Minggu Paskah ke-7 yang bertepatan dengan Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-57. Perayaan Ekaristi di Paroki St. Vincentius a Paulo, Gunung Putri, dipimpin oleh RD. Pera Arif Sugandi yang adalah Pastor Vikaris Hati Kudus Yesus, Jonggol.

Romo Pera banyak menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan berdoa. Beliau mengatakan, “Berdoa bukan hanya untukku saja, tetapi juga untuk mereka, untuk orang lain, seperti doa Bapa Kami.” Berdoa yang utama adalah untuk mengucap syukur atas kebaikan-Nya, atas banyak hal-hal kecil yang terjadi dalam hidup kita, dan berterima kasih kepada Tuhan atas berkat dan karunia-Nya. Doa juga merupakaan bentuk komunikasi kita dengan Allah.” Beliau juga menegaskan bahwa komunikasi bukan hanya satu arah, tetapi adanya relasi dua arah ketika tercipta percakapan dialogal atau communio di dalam persatuan. Kita juga diingatkan oleh Bapa Paus dimana kita sebagai orang Kristiani harus berkomunikasi melalui hati, mendengarkan, dan berbicara dalam kebenaran agar hidup kita mengalami kedamaian.

Dalam Hari Raya Komunikasi Sosial Sedunia ini, penting bagi kita untuk mewartakan kasih Kristus lewat sosial media atau semua media yang dapat kita gunakan. Perlu diingat bahwa kita juga harus mempertanggungjawabkan serta memperhatikan informasi atau konten yang kita bagikan ke sosial media yang kita miliki agar tidak terjadi hal-hal yang menyinggung atau merugikan diri sendiri.

Selamat Hari Komunikasi Sosial Sedunia yang ke 57!

(Artikel dan foto by Komsos Vincentius)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *