Perayaan Pekan Suci: Minggu Palma

        

Sejak memasuki awal masa Prapaskah , kita telah mempersiapkan diri dengan usaha tobat dan karya amal. Untuk melaksanakan misteri Paskah Tuhan Yesus Kristus yaitu sengsara dan kebangkitan-Nya, sebagai umat katolik kita menyambut Dia dengan mengenangkan peristiwa yang menyelamatkan itu.

Perayaan Ekaristi Minggu Palma di Paroki St.Vincentius A Paulo dilaksanakan pada sabtu, 1 April 2023 pukul 18.00 WIB dan Minggu, 2 April 2023 pukul 08.00 WIB. Diawali dengan Perayaan Ekaristi Sabtu Palma pada tanggal 1 April 2023 yang dipimpin oleh RD. Marcelinus Wisnu Wardhana. Para umat berdatangan ke gereja dengan membawa daun palma yang kemudian akan diberkati oleh romo menggunakan wirug dan dupa. Antusias umat melambaikan daun palma, berharap agar mendapat percikan air suci dari romo. Saat komuni banyak umat berbaris untuk menerima Tubuh kristus. Kemudian  perayaan Ekaristi Minggu Palma pada tanggal 2 April 2023 yang dipimpin oleh RD. Alexander Ardhiyoga. Perayaan Minggu Palma tidak jauh beda dengan Perayaan Sabtu Palma, karena koor yang dibawakan oleh OMK Paroki St.Vincentius A Paulo bernyanyi dengan sangat antusias. Sebelum berkat penutup romo memberkati 24 orang calon rasul untuk dibasuh kakinya di Perayaan Pekan Suci Kamis Putih.

Inti dari Perayaan Minggu Palma ini yaitu Yesus datang sebagai Raja untuk menanggung sengsara dan wafat di kayu salib bagi semua umat manusia bahkan tak terbatas. Yesus menyelamatkan semua bangsa dari dosa. Dalam Perayaan Ekaristi Minggu Palma, kita dituntut untuk mengubah situasi dari sukacita menuju ke penderitaan dan sengsara. Sama halnya dengan penggambaran hidup manusia yang kerap kali kita dihadapkan dengan situasi menyenangkan namun di lain waktu terjadi situasi yang kurang menyenangkan. Itulah dinamika hidup yang patut kita hadapi.

    

(Artikel dan Foto by Komsos Vincentius A Paulo)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *