Paskah, Bangkit Bersama Kristus

Setelah melewati 40 hari bermati raga, akhirnya hari ini kita sampai pada puncak kemenangan akan kebangkitan Kristus yaitu paskah. Misa perayaan paskah Paroki Vincentius a Paulo Gunung Putri diadakan dua kali; pukul 06.30 WIB dan 09.00 WIB. Misa pertama dipersembahkan oleh Romo Andreas Arie Susanto dan misa kedua dipersembahkan oleh Romo Alexander Ardhiyoga.

Tema paskah keuskupan Bogor 2022 “Bangkitlah Bersama Kristus untuk Menyelamatkan Bumi dan Mewujudkan Indonesia yang Toleran.” Sesuai dengan temanya Romo Arie dalam homilinya mengajak umat untuk menerapkan 2B ; Berubah dan Bahagia.

  • Berubah : Paskah tidak melulu hanya pertobatan, dimana setelah bertobat melakukan kesalahan yang sama lagi, begitu seterusnya. Lantas apa istimewanya kita? Paskah sesungguhnya adalah perubahan diri menjadi lebih baik dengan tidak mengulangi dosa lagi. Itulah artinya bangkit bersama Kristus.
  • Bahagia : Setelah berubah, pertanyaannya adalah apakah kita bahagia? Apakah kita bahagia menjadi lebih baik? Jika hasil perubahan itu membuat kamu bahagia, artinya kita telah bangkit bersama Kristus menjadi pemenang.

Romo Ardhiyoga juga meneguhkan iman umat dalam misa kedua dengan pembaruan janji baptis yang kemudian dilanjutkan dengan pemercikan air suci sebagai lambang peringatan akan baptis yang mulia diiringi lantunan lagu Syukur KepadaMu Tuhan. Air yang menyucikan kita dimanapun kita berada. Dalam homilinya, Romo Yoga menyampaikan tentang delapan sabda bahagia yang salah satunya adalah “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah.”

Paskah 2022 bagi umat Vincentius adalah perayaan luar biasa karena ini adalah paskah pertama setelah menjadi paroki.  Seperti yang disampaikan Romo Alexander dalam homilinya untuk berubah menjadi lebih baik, begitupun gereja Vincentius a Paulo ini, telah berubah dari segi fisik (gereja) dan pelayanannya, tentu umat bahagia akan perubahan ini. Jadi, benarlah apa yang disampaikan Romo Arie yakni 2B.

Hendaknya semangat paskah tidak berlalu begitu saja hari ini. Malah kita seharusnya semakin bersemangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik bagi Tuhan dan sesama.

Selamat Paskah! Semoga Tuhan memberkati semua.

(Artikel dan foto by Komsos Vincentius)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *